Di dunia perhotelan, nama Pramana Experience sudah tak asing lagi. Hotel management operator yang didirikan pada tahun 2013 ini telah mengelola lebih dari 80 hotel di dalam dan luar negeri. Berbasis di Bali, Pramana Experience mengoperasikan berbagai hotel, resort, dan villa yang tersebar di destinasi-destinasi wisata internasional. Contohnya seperti Ubud, Sanur, Nusa Penida, Labuan Bajo, hingga Kamboja. Beberapa hotel terkemuka yang dikelola oleh Pramana Experience mungkin sudah Anda kenal. Di antaranya, Tapa Agung View, Sumitra Villa Sanur, Kardia Gili Trawangan, dan masih banyak lagi. Artikel ini akan menyajikan biografi singkat dan testimoni Pramana Experience, yang telah menggunakan Gaji.id sebagai sistem HRIS di perusahaannya.
Lebih dari satu dekade berkecimpung di bisnis perhotelan, Pramana Experience menggabungkan keahlian manajemen profesional dengan budaya dan keramahan lokal daerah. Kepuasan tamu senantiasa menjadi dasar fundamental dalam setiap hotel yang dikelolanya. Komitmen dan dedikasi Pramana Experience pada bisnis hospitality ini pun telah mendapat pengakuan publik. Pada tahun 2024, Pramana Experience meraih penghargaan sebagai “Company of the Year 2024” dari Asia Business Outlook. Penghargaan ini menegaskan posisi Pramana Experience sebagai pelopor dalam menghadirkan pengalaman perhotelan yang autentik, berkelanjutan, dan berorientasi pada kepuasan tamu.
Selain fokus pada pelayanan, Pramana Experience juga aktif dalam pengembangan sumber daya manusia. Perusahaan ini rutin mengadakan program pelatihan karyawan, serta bekerja sama dengan vendor untuk mengembangkan sistem evaluasi kinerja karyawan yang akurat. Penggunaan HRIS dalam mendukung pengelolaan SDM pun bukanlah sesuatu yang baru bagi Pramana Experience.
Namun sebelumnya, sistem HRIS yang digunakan oleh Pramana Experience mengalami banyak permasalahan. Sistem yang sering error menjadi salah satu hambatan terbesar dalam operasional HRIS tersebut. Akibat server yang tidak stabil, proses absensi dan payroll karyawan sering tidak dapat berjalan dengan lancar. Selain itu, struktur HRIS yang rumit menyebabkan pengelolaan kegiatan dan perjalanan dinas karyawan tidak dapat dilakukan dengan praktis. Ini sempat mengganggu operasional perusahaan dan berdampak buruk pada kinerja karyawan secara keseluruhan.
Melihat hal tersebut, Pramana Experience mengambil langkah sigap untuk mengganti seluruh sistem HRIS yang digunakan dan beralih ke Gaji.id. Berbasis AI, HRIS Gaji.id mampu mengelola absensi karyawan di lebih dari 80 hotel Pramana Experience dengan lancar. Bahkan, kini absensi karyawan telah menggunakan teknologi face recognition, yang membuat proses absensi semakin mudah dan akurat. Dalam hal payroll, perhitungan gaji karyawan yang memiliki nominal allowance berbeda-beda dapat diakomodasi dengan baik oleh sistem Gaji.id. Perjalanan dinas karyawan dan reimbursement pun semakin dipermudah dengan sistem approval atasan yang mulus.
Melengkapi testimoni Pramana Experience, Benny Sedana Putra, Corporate Assistant Director of HR Pramana Experience mengatakan bahwa Gaji.id sangat membantu dalam proses administrasi karyawan. “Secara keseluruhan, sangat membantu dan tentunya mempermudah perlindungan hak-hak karyawan,” ujar Benny. Demikian testimoni Pramana Experience yang telah memanfaatkan sistem dan layanan Gaji.id. Dengan teknologi terkini, Gaji.id mampu mengotomatisasi berbagai proses administrasi HR yang kompleks. Proses-proses seperti penggajian, absensi, cuti, atau lembur, kini dapat dilakukan dengan cepat dan praktis. Pengaturannya pun dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan peraturan perusahaan. Ini memungkinkan perusahaan untuk memberikan pengalaman dan layanan yang lebih baik bagi karyawan. Ingin tahu lebih lanjut tentang aplikasi Gaji.id? Hubungi kami atau jadwalkan demo untuk informasi selengkapnya.