skip to content

Cara Cek Tapera: Cek Saldo Simpanan Bisa Online Kok!

Tapera (Tabungan Perumahan Rakyat) adalah program tabungan perumahan yang diperkenalkan oleh pemerintah Indonesia untuk membantu masyarakat mempersiapkan dana kepemilikan rumah. Baru-baru ini, Presiden Jokowi telah meneken PP Nomor 21 Tahun 2024 tentang Perubahan Atas PP Nomor 25 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tapera. Dengan adanya aturan terbaru, pelaksanaan Tapera pun akan semakin digalakkan bagi seluruh pekerja di Indonesia. Apalagi, dalam PP terbaru ditegaskan bahwa Tapera kini tak hanya diwajibkan bagi PNS, tapi juga bagi karyawan swasta dan pekerja mandiri. Lalu, bagi para pekerja yang telah membayar simpanan Tapera, bagaimana cara cek Tapera? Pada artikel ini, kita akan membahas secara rinci tentang cara melakukan pengecekan saldo simpanan Tapera.

Apa itu Tapera?

Sebelum membahas cara cek Tapera, penting untuk memahami apa yang dimaksud dengan Tapera. Tapera merupakan program simpanan yang dirancang untuk membantu masyarakat Indonesia memperoleh akses yang lebih baik ke perumahan yang layak. Program ini telah menjadi fokus utama pemerintah dalam upaya meningkatkan kepemilikan rumah, terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Mekanismenya, sebagian kecil dari gaji bulanan pekerja dipotong untuk disimpan dalam rekening Tapera. 

Besaran potongan gaji untuk simpanan Tapera adalah 3 persen, yang ditanggung bersama antara karyawan dan perusahaan. Pembagiannya, pemberi kerja sebesar 0,5%, sementara pekerja sebesar 2,5%. Hal ini diatur dalam pasal 15 PP 21/2024. 

Baca Juga: Pemotongan Gaji Untuk Tapera

Cara Cek Tapera

Setelah bergabung menjadi peserta Tapera, kita mungkin ingin mengetahui berapa banyak saldo simpanan yang telah terkumpul. Mengecek saldo Tapera secara reguler memang memiliki banyak manfaat penting, antara lain:

  1. Transparansi: Peserta dapat memastikan bahwa kontribusi mereka secara teratur disimpan dengan benar dan dapat diakses saat diperlukan.
  2. Pemantauan Dana: Pengecekan Tapera memungkinkan peserta untuk melacak pertumbuhan dana mereka dari waktu ke waktu. Hal ini membantu peserta memahami sejauh mana persiapan mereka untuk dapat memiliki rumah yang layak.
  3. Kepentingan Finansial: Mengetahui jumlah yang telah disetorkan ke Tapera membantu peserta untuk merencanakan keuangan mereka dengan lebih baik. Hal ini termasuk perencanaan untuk membeli atau membangun rumah di masa depan.

Baca Juga: Apa itu Tapera?

Berikut adalah langkah-langkah cek Tapera:

  1. Buka laman resmi SITARA (https://sitara.tapera.go.id). SITARA merupakan portal resmi kepesertaan Tapera. Pastikan Anda telah memiliki akun SITARA, sehingga dapat melakukan login di laman ini.
  2. Pilih menu Peserta yang ada di sebelah kiri.
  3. Klik opsi Masuk.
  4. Isi kolom NIK dengan 16 digit NIK Anda dan masukkan kata sandi.
  5. Klik opsi Masuk.
  6. Nantinya peserta akan diarahkan pada halaman utama yang berisikan data diri.
  7. Pada bagian menu terdapat beberapa opsi informasi yang dapat dilihat oleh peserta, salah satunya mengenai saldo simpanan atau tabungan.
  8. Pilih menu informasi tabungan.
  9. Informasi lengkap mengenai saldo simpanan Tapera ditampilkan secara lengkap.

Dengan demikian, pengecekan Tapera adalah langkah penting dalam memastikan bahwa kontribusi Anda ke program tabungan ini tercatat dengan benar. Dari pengecekan tersebut juga dapat diketahui bahwa saldo dana Tapera yang telah terkumpul bertumbuh dengan baik dari waktu ke waktu. Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana yang dijelaskan di atas, Anda dapat melakukan cek Tapera secara berkala. Jangan ragu untuk menghubungi BP Tapera (Badan Pengelola Tapera) jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut terkait simpanan Tapera Anda. Anda dapat pula mengunjungi situs resmi BP Tapera untuk memperoleh informasi lengkap mengenai layanan kepemilikan dan pembangunan rumah yang tersedia bagi peserta Tapera.

Adapun pemotongan iuran Tapera dari gaji karyawan kini dapat dilakukan dengan mudah lewat aplikasi Gaji. Karena aplikasi Gaji dapat mengotomatisasi berbagai proses penghitungan dan pemotongan iuran dari gaji karyawan. Hal ini tentu sangat mempermudah dan memperlancar kinerja departemen HR. Hubungi kami atau jadwalkan demo untuk informasi lebih lanjut. 

Share this Article:

Scroll to Top