Placeholder canvas

Ini Cara Cek BPJS Kesehatan dengan NIK

5 Cara Mengecek Tagihan BPJS Kesehatan Perusahaan

BPJS Kesehatan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan) merupakan lembaga yang menyelenggarakan program jaminan kesehatan untuk masyarakat Indonesia. Dulu, proses registrasi BPJS Kesehatan melibatkan langkah-langkah yang cukup rumit dan menyita waktu. Namun berbagai pembaharuan telah dilakukan pemerintah di era digital ini. Kini, Anda bahkan dapat mengecek informasi kepesertaan BPJS Kesehatan hanya dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Ada beberapa cara untuk cek BPJS Kesehatan dengan NIK, dan artikel ini akan membahasnya satu persatu di bawah ini.

Melalui Aplikasi Mobile JKN

Salah satu cara paling mudah dan praktis untuk cek BPJS Kesehatan dengan NIK adalah menggunakan aplikasi mobile JKN yang dapat diunduh dari toko aplikasi di smartphone Anda. Kemudian ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Unduh dan instal Aplikasi Mobile JKN pada ponsel Anda.
  2. Setelah aplikasi terpasang, login menggunakan akun BPJS Kesehatan Anda, lalu pilih menu “Peserta”.
  3. Pilih jenis kartu yang akan digunakan untuk pengecekan, kemudian masukkan NIK Anda. Setelah itu, klik tombol “Cari”.
  4. Aplikasi akan menampilkan informasi tentang status keaktifan kepesertaan BPJS Kesehatan Anda dan berbagai informasi lainnya.

Baca Juga: Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Online

Melalui SMS Gateway

Cara lain untuk cek BPJS Kesehatan dengan NIK adalah melalui SMS Gateway. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Tambahkan nomor HP 0877-7550-0400 ke daftar kontak telepon Anda
  2. Ketik NIK(spasi)nomor NIK KTP Anda, contohnya “NIK 12341234123”, lalu kirim ke nomor 0877-7550-0400.
  3. Tunggu pesan balasan yang berisi keterangan nomor BPJS Kesehatan Anda.

Melalui WhatsApp BPJS Kesehatan

Selain lewat SMS, BPJS Kesehatan juga menyediakan layanan administratif melalui WhatsApp yang dinamai PANDAWA, singkatan dari Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp. Berikut ini langkah-langkah cek BPJS Kesehatan dengan NIK melalui PANDAWA:

  1. Simpan nomor 08118750400 di daftar kontak WhatsApp Anda.
  2. Buka WhatsApp dan mulai chat dengan nomor PANDAWA di atas.
  3. Ketik dan kirimkan huruf atau angka apa saja pada kolom chat untuk memulai percakapan.
  4. Operator akan mengirimkan opsi menu layanan dalam kolom chat. Pilih “Cek Status Peserta” untuk mengetahui status kepesertaan atau “Cek Tagihan Iuran” untuk mengetahui jumlah tagihan BPJS Kesehatan.
  5. Ikuti perintah yang diberikan oleh operator untuk melanjutkan proses pengecekan.

Melalui Call Center BPJS

Salah satu keuntungan menghubungi call center BPJS adalah Anda dapat berbicara langsung dengan petugas BPJS. Berikut cara menghubungi call center BPJS Kesehatan:

  1. Buka keypad atau aplikasi panggilan/ call di smartphone Anda.
  2. Tujukan panggilan ke Call Center BPJS Kesehatan di nomor 165.
  3. Tunggu hingga panggilan dijawab dan Anda dilayani oleh Customer Service BPJS.
  4. Ikuti langkah-langkah yang diberikan oleh Customer Service BPJS.

Baca juga: Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan

Mengunjungi Kantor Cabang BPJS Kesehatan

Cara terakhir untuk mengecek status BPJS Kesehatan Anda adalah dengan mengunjungi kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat. Di kantor cabang, petugas BPJS dapat membantu untuk mengecek status BPJS Kesehatan Anda. Cukup menunjukkan KTP atau menyebutkan NIK, petugas BPJS dapat mengakses berbagai informasi terkait BPJS Kesehatan Anda. 

Langkah-langkah di atas membantu memastikan bahwa Anda memiliki informasi yang akurat mengenai kepesertaan, sehingga dapat memanfaatkan jaminan kesehatan yang disediakan oleh BPJS Kesehatan. Namun pastikan untuk selalu menjaga kerahasiaan informasi pribadi Anda dan mengakses situs atau platform resmi pemerintah guna menjamin keamanan data pribadi Anda.

Di sisi lain, dalam hal perhitungan dan pemotongan iuran BPJS Kesehatan, Anda membutuhkan software HRIS seperti aplikasi Gaji yang dapat melakukan perhitungan dan pemotongan iuran BPJS secara otomatis. Selain itu, aplikasi Gaji juga dapat mengotomatisasi berbagai proses manajemen sumber daya manusia lainnya, seperti pembayaran gaji, perizinan cuti, rekrutmen, dan banyak lagi. Hubungi kami atau jadwalkan demo untuk informasi lebih lanjut. 

Share this Article:

Scroll to Top