Placeholder canvas

Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Online

Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Online

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan adalah lembaga yang memberikan perlindungan sosial bagi para pekerja di Indonesia. Guna menjamin keselamatan dan kesejahteraan dalam bekerja, setiap karyawan perlu memiliki BPJS Ketenagakerjaan. Salah satu manfaat utama dari program BPJS Ketenagakerjaan adalah dana jaminan kecelakaan dan kematian yang dapat dicairkan saat diperlukan. Menariknya, di era digital ini bahkan pencairan dana BPJS Ketenagakerjaan pun dapat dilakukan secara online, yakni melalui situs resmi atau aplikasi smartphone milik BPJS Ketenagakerjaan yang bernama JMO atau Jamsostek Mobile. Jika Anda ingin mengetahui cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan online, artikel ini akan memberikan panduan lengkapnya.

Namun sebelum memulai proses pencairan, pastikan Anda telah menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan. Karena tanpa kelengkapan dokumen, proses pencairan dana BPJS Ketenagakerjaan Anda sudah pasti akan terhambat. Jadi alangkah baiknya bila seluruh dokumen yang diperlukan telah dipersiapkan sebelumnya. Adapun dokumen-dokumen tersebut antara lain:

  1. Kartu peserta BPJamsostek
  2. E-KTP
  3. Buku tabungan
  4. Kartu Keluarga
  5. Surat keterangan berhenti bekerja, surat pengalaman kerja, surat perjanjian kerja, atau surat penetapan pengadilan hubungan industrial (PHI)
  6. NPWP (jika ada)

Seperti telah disinggung sebelumnya, ada dua cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan online, yakni melalui situs resmi pemerintah yang bernama Lapak Asik dan melalui aplikasi resmi BPJS Ketenagakerjaan, yakni JMO atau Jamsostek Mobile. 

Baca juga: Ini Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan

Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Online via Situs Resmi BPJS Ketenagakerjaan (Lapak Asik)

  1. Kunjungi lapakasik.bpjsketenagakerjaan.go.id.
  2. Isi data seperti NIK, nama lengkap, dan nomor kepesertaan.
  3. Sistem akan melakukan verifikasi data secara otomatis terkait kelayakan klaim.
  4. Setelah verifikasi, peserta akan diarahkan untuk melengkapi data sesuai instruksi yang tampil pada portal.
  5. Unggah dokumen persyaratan.
  6. Peserta yang berhasil menyelesaikan proses akan menerima notifikasi berisi informasi jadwal dan kantor cabang.
  7. Peserta akan dihubungi melalui video call untuk proses wawancara sesuai jadwal pada notifikasi. Jangan lupa siapkan berkas asli saat wawancara.
  8. Proses selesai dan manfaat JHT akan dicairkan ke nomor rekening bank yang telah dilampirkan.

Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Online via Aplikasi JMO

  1. Buka aplikasi JMO.
  2. Pilih menu ‘Jaminan Hari Tua’.
  3. Pilih menu ‘Klaim JHT’.
  4. Jika BPJS Ketenagakerjaan telah memberikan tiga centang hijau pada informasi persyaratan pengajuan klaim, pilih ‘Selanjutnya’.
  5. Pilih salah satu alasan pengajuan pencairan klaim, lalu pilih ‘Selanjutnya’.
  6. Periksa data kepesertaan yang muncul di layar hp. Jika sudah benar, maka pilih ‘Sudah’.
  7. Lakukan swafoto dengan menekan ‘Ambil Gambar’ sesuai ketentuan yang diinformasikan BPJS Ketenagakerjaan.
  8. Lengkapi data berupa NPWP dan rekening bank yang aktif untuk pencairan. Jika sudah, pilih ‘Selanjutnya’.
  9. BPJS Ketenagakerjaan akan memberikan rincian saldo JHT yang dapat diklaim, lalu pilih ‘Selanjutnya’.
  10. Periksa kembali seluruh data yang muncul. Jika sudah benar, pilih ‘Konfirmasi’.
  11. Pengajuan klaim JHT berhasil. Peserta hanya perlu menunggu pembayaran masuk ke rekening bank yang telah diberikan.
  12. Anda dapat mengakses akun BPJS Ketenagakerjaan Anda secara berkala untuk memeriksa status pengajuan pencairan. Progres ini dapat dilihat di menu ‘Tracking Klaim’..

Baca juga: 5 Cara Mengecek Tagihan BPJS Kesehatan Perusahaan

Cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan online memang membutuhkan langkah-langkah yang teliti dan akurat. Pastikan Anda memahami persyaratan dan mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat menyelesaikan proses pencairan BPJS Ketenagakerjaan secara efisien dan nyaman melalui platform online.

Pengurusan BPJS Ketenagakerjaan dapat menjadi hal yang rumit di perusahaan dengan jumlah karyawan yang cukup banyak. Namun Anda dapat memanfaatkan aplikasi HRIS seperti Gaji.id yang dapat melakukan perhitungan potongan BPJS Ketenagakerjaan secara otomatis dan online. Hubungi kami atau jadwalkan demo untuk informasi lebih lanjut.

Share this Article:

Scroll to Top